Kebutuhan Pakan Ikan Gurami

Dari pakan yang dimakan ikan, 10%-nya digunakan untuk tumbuh atau menambah berat, sedangkan sisanya digunakan untuk tenaga atau dibuang karena tidak dapat dicerna. Jumlah pakan yang diperlukan untuk pertumbuhan atau menambah berat badan disebut nilai ubah atau konversi. Jumlah pakan yang digunakan untuk menghasilkan penambahan berta daging ikan sebanyak 1 kg disebut faktor konversi atau feed convertion rate (FCR), dirumuskan sebagai berikut.

 

fcr gurami

fcr gurami

Kebutuhan Pakan Ikan Gurami

Jika untuk menambah berat 1 kg daging ikan dibutuhkan 2 kg pakan maka faktor konversi pakannya adalah 2.faktor konversi pakan nabati lebih besar dibandingkan pakan hewani. Oleh sebab itu, kebutuhan pakan nabati untuk pertumbuhan ikan lebih banyak dibandingkan pakan hewani. Semakin kecil nilai rasio konversi pakan, semakin cocok pula pakan tersebut digunakan untuk menunjang pertumbuhan ikan. Sebaliknya, semakin besar rasio konversi pakan, hal tersebut menunjukkan pakan yang digunakan tidak efektif memacu pertumbuhan.

Perbandingan antara 1 kg berat daging ikan dengan jumlah berat pakan yang dibutuhkan untuk membentuknya disebut koefisien konversi berat. Jadi apabila untuk menambah berat 1 kg daging ikan dibutuhkan 2 kg pakan, maka koefisien konversi berat pakan adalah 1/2. Jika koefisien konversi berat itu dikalikan dengan 100% maka akan diperoleh nilai yang disebut efisiensi konversi berat. Pemanfaatan energi pada ikan mulai dari makanan yang masuk tubuh ikan (food intake). Energi ini akan didistribusikan  untuk memenuhi seluruh kebutuhan energi pada tubuh ikan sebagaimana dapat dilihat pada bagan dibawah ini.

Keseimbangan antar energi dan protein sangat penting dalam laju pertumbuhan. Jika kebutuhan energi kurang maka protein akan dipecah dan digunakan sebagai sumber energi. Pemakaian sebagaian protein sebagai sumber energi menyebabkan pertumbuhan ikan terhambat, mengingat protein sangat berperan dalam pembentukan sel baru.

Jumlah energi yang diperlukan bagi pertumbuhan dan pemeliharaan (maintenance) dipengaruhi beberapa faktor, antara lain spesies, umur, komposisi ransum, tingkat reproduksi dan tingkat metabolisme standar.

Untuk memberikan pakan secara optimal, diperlukan pengetahuan mengenai berat total atau berat biomassa ikan dalam suatu media budi daya. Sebagai contoh, dalam suatu kolam seluas 30 m2 dibudidayakan ikan sebanyak 300 ekor dengan berat rata-rata 100 g/ekor. Dengan begitu, berat total atau berat biomassa sebanyak 300 ekor x 100 g = 30.000 g = 30 kg.

Kebutuhan pakan untuk gurami setiap harinya berkisar 3% dari berat tubuh. Dengan demikian, kebutuhan pakan ikan per harinya adalah 3% x 30 kg = 0,9 kg. Jika lama budi daya gurami 1 bulan, pakan yang dibutuhkan = 30 hari x 0,9 kg = 27 kg.

Agar diperoleh ketepatan dalam perhitungan perlu dilakukan sampling 4 minggu sekali untuk mengkalibrasi berat tubuh ikan sesungguhnya. Sampling dilakukan dengan cara mengambil beberapa ekor ikan dan menimbang beratnya. Selain untuk mengonversi perubahan kebutuhan pakan bioma, sampling juga dapat digunakan untuk mengamati kondisi dan kesehatan ikan.

Perhitungan kebutuhan pakan secara biomassa saat gurami berukuran lava/benih cukup sulit dilakukan. Hal ini karena pakan untuk larva/benih masih menggunakan pakan alami hidup (cacing, sutra, daphnia, infusoria), takaran 3% dari berat biomassa larva/benih gurami yang diberikan dapat lebih toleran. Namun, khusus untuk artemia harus tepat karena sisa artemia yang tidak termakan akan tumbuh lebih cepat dari benih guraminya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Kebutuhan Pakan Ikan Gurami

Leave a Reply

Your email address will not be published.