Kebiasaan Makan Ikan Nila

Salah satu kelebihan ikan nila adalah pada Kebiasaan Makan Ikan Nila yang memakan segalanya (omnivora). Makanannya bisa berupa tumbuhan, daging, serangga, ikan jenis lain, maupun plankton. Karena itu, ikan nila juga relatif hemat pakan.

Nila jantan dan betina campur

Pada masa larva, setelah cadangan makanan berupa kuning telur habis, benih nila akan memakan zooplankton yang tersedia di alam. Setelah berumur lebih dari satu minggu, anakan ikan nila juga akan memakan lumut atau alga yang ada pada lingkungannya. Dan ikan dewasa, tumbuhan yang ada di air sekitar merupakan makanan nya. Sementara itu, jika ikan nila di perlihara secara intensif, perlu penambahan pakan berupa pelet untuk memacu pertumbuhan supaya optimal. Hal ini mulai di lakukan setelah larva nila mulai menjadi benih. Pelet di berikan berdasarkan biomassa, berikut asumsi perhitungannya.

Pelet pakan nila campur

Jumlah populasi awal misal 1470 ekor nila yang berukuran 12 cm. Satu ekor ikan nila memiliki berat sekitar 12,5 gram ( 1 kg = 80 ekor ). Berat biomassa ikan adalah 18,5 kg ( 1470 ekor x 12,5 gram). jika kebutuhan pakan sebanyak 5% dari biomassa, pakan yang di butuhkan per hari sebesar 0,925 kg atau di bulatkan sebanyak 1 kg per hari.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.