Kebiasaan Berkembang Biak Ikan Patin

Di habitat aslinya, patin memijah pada musim penghujan sehingga benihnya banyak ditemukan pada bulan Maret-Mei. Patin matang kelamin pada usia 2-3 tahun dengan berat di atas 1,5 kg. Induk patin yang berukuran 5-6 kg dapat menghasilkan telur 1,5 juta butir. Patin siam (Pangasius hypophthalmus) memiliki fekunditas atau jumlah telur yang lebih banyak dibandingkan dengan patin jambal (P.djambal).

Patin jantan mencapai dewasa lebih cepat daripada patin betina. Proses kematangan kelamin relatif lama. Perkembangan gamatnya dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Patin yang hidup di daerah tropis, perkembangan telur dan spermanya lebih cepat daripada patin yang hidup di daerah subtropis.

Patin yang hidup di alam biasanya berupaya secara bergerombol saat musim pemijahan. Patin yang matang kelamin mudah memijah saat terjadi turbulensi akibat pengadukan air dari permukaan dasar yang bersamaan dengan banjir atau meluapnya air sungai. Sebaliknya, patin sulit memijah secara alami di kolam-kolam pemeliharaan. Patin hanya memijah setelah diberi rangsangan (induced spawning).

Telur patin berwarna putih jernih agak kekuning-kuningan. Telur yang dibuahi akan menetas 18-24 jam kemudian pada suhu 26-28Celcius, telur menetas setelah 28 jam. Larva yang baru menetas mempunyai cadangan makanan berupa kuning telur yang menggantung dibawah permukaan perut. Cadangan makanan ini habis dalam waktu 3-4 hari dan pada saat itu larva baru mengambil pakan dari luar. Larva dan benih patin menyukai perairan dangkal yang subur.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.