Kandungan Gizi Pakan Ikan Cupang

Diposkan oleh : / On Cupang

Cupang tidak memilih-milih makanan, ketika lapar pasti akan mamakan makanan apa pun yang diberikan. Beberapa pembudidaya merekomendasikan Atison Betta Food atau Betta Pro jika pakan alami sulit diperoleh. Namun, di daerah beriklim tropis pakan alami sangat melimpah. Kebanyakan pembudidaya Asia mencari pakan di alam atau mengultur sendiri pakan alami untuk cupang mereka.

Para pembudidiya memberi makan cupangnya dengan frekuansi yang berbeda-beda, ada yang cuma sekali sehari, dua kali sehari, atau tiga kali sehari,. Sebenarnya semakin tinggi frekuansi pemberian pakan dalam jumlah sedikit dan terkendali lebih baik dibandingkan dengan sekali pemberian, tetapi dalam jumlah banyak. Hal ini menyebabkan cupang kekenyangan dan mengalami sakit lambung. Selain itu;sisa makanan yang tidak tercerna dapat mengotori air dengan cepat. Berikut ini kandungan gizi dalam pakan cupang.

a.   Lemak

Makanan yang diberikan harus berkualitas dan kandungan gizinya memenuhi syarat. Ikan harus diet serat supaya tidak kegemukan dan cepat mati. Cupang hanya membutuhkan lemak sekitar 8% dari kebutuhan gizinya setiap hari. Gemuk yang berlebihan akan merusak hati dan menyebabkan kematian awal.

Ikan mempunyai kesulitan dalam mencerna lemak seperti yang terkandung dalam daging sapi. Lemak tak jenuh yang ada didalam udang asin adalah yang paling cepat dicerna. Jentik nyamuksangat baik untuk cupang dewasa karna mengandung sedikit lemak, yakni hanya 3% dari kebutuhan lemak cupang.

b.   Serat

Walupun jumlah serat yang dibutuhkan sangat kecil, tetapi sangat membantu proses pencernaan, Binatang pemakan daging tidak mampu menyerap banyak serat. Serat yang dibutuhkan hanya 4% dari kebutuhan gizi. Sementara itu, untuk hewan pemakan tumbuhan hanya 4% dari kebutuhan gizi. Sementara itu, untuk hewan pemakan tumbuhan membutuhkan sekitar 10% serat bagi tubuhnya. Cupang termasuk hewan pemakan daging. Karena itu, kebutuhan seratnya hanya sedikit untuk membantu proses metabolisme tubuhnya.

c.   Protein

Protein adalah unsur kunci dalam pertumbuhan semua jenis ikan. Ikan pemakan tumbuhan membutuhkan 30% protein bagi tubuhnya, sedangkan ikan pemakan daging membutuhkan sekitar 40% protein untuk dietnya. Ikan muda membutuhkan lebih banyak protein, yakni sebesar 50% untuk pertumbuhan badannya.

d.   Karbohidrat

Ikan tidak membutuhkan karbohidrat dalam jumlah besar. Ikan dewasa membutuhkan sekitar 30% karbohidrat bagi tubuhnya, sedangkan ikan muda memerlukan karbohidrat lebih besar sekitar 35% bagi dietnya. Ikan muda memang membutuhkan karbohidrat dan protein yang tinggi untuk menunjang aktifitas gerak dan pertumbuhannya. Umumnya, karbohidrat untuk makanan ikan diperoleh dalam bentuk tepung yang digunakan untuk mengikat makanan.

e.   Mineral

Mineral adalah unsur penting agar tulang dan gigi ikan sehat. Mineral yang penting bagi ikan ialah zat besi ketika masih kecil. Mineral lain yang dibutuhkan di antaranya yodium, magnesium, sodium, kalium, tembaga dan seng. Zat kapur ditemukan pada air yang banyak mengandung mineral, sedangkan fosfor diperoleh dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Dengan kata lain, mineral sangat banyak ditemukan pada makanan yang bersumber dari tanaman dan hewan.

f.   Vitamin

Berbeda dengan mineral, vitamin berguna sebagai katalisator dalam tubuh untuk mendukung penyerapan gizi dan mineral. Vitamin yang dibutuhkan oleh ikan di antaranya vitamin A, D3, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, H, M dan inositol.

Banyak pembudidaya ikan tidak peduli peran penting vitamin bagi kesehatan ikan. Ketiadaan vitamin menyebabkan kelainan bentuk punggung dan ikan menjadi kerdil. Vitamin E dibutuhkan untuk menunjang aktifitas ikan, vitamin K untuk merangsang jumlah darah, sedangkan vitamin B!, B2 dan B6 penting untuk pertumbuhan yang normal. Vitamin B3 dan C untuk membantu pencernaan, tulang dan gigi. Vitamin B5 berguna untuk membantu proses metabolisme. Ketiadaan  vitamin H mengurangi pembentukan sel darah dan menyebabkan anemia. Berikut ini berbagai kandungan gizi dalam pakan cupang.

Table 1. Jenis dan kandungan gizi pakan cupang

Jenis Dan Kandungan Gizi Pakan Cupang

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.