Jenis Makanan Ikan Maskoki

Hampir semua jenis makanan disukai oleh maskoki. Secara alami, anak-anak maskoki cenderung memanfaatkan organisme hewan kecil sebagai makanannya. Setelah dewasa ia mulai menyukai tanaman air yang hidup di kolam, meskipun demikian maskoki dewasa tetap menyukai organisme hewan.

Jika anak-anak maskoki telah tumbuh menjadi dewasa, sebaiknya kolam diberi tanaman air yang agak lunak sehingga mudah dicerna oleh maskoki. Dapat juga diberikan makanan berupa organisme hewan dengan dosis lebih tinggi dibandingkan dosis yang diberikan kepada anak-anak maskoki. Organisme hewan yang biasa diberikan sebagai makanan maskoki antara lain daphnia, infusoria, cacing, jentik nyamuk atau ulat hongkong.

Penggunaan organisme hewan sebagai makanan maskoki membutuhkan biaya relatif tinggi. Oleh karena itu petani maskoki cenderung memberi makan berupa makanan buatan atau kombinasi antara makanan buatan dengan organisme hewan. Pemberian makan dengan cara kombinasi ternyata sudah mampu memberikan hasil yang cukup baik. Salah satu cara untuk mengatasi tingginya biaya yang hams dikeluarkan jika hendak menggunakan organisme hewan sebagai makanan maskoki adalah mengusahakan pengadaannya melalui budidaya.

Berdasarkan pertimbangan tertentu. beberapa petani sengaja memberikan makanan buatan kepada maskoki yang dipelihara. Ukuran dari makanan buatan barns disesuaikan dengan lebar mulut maskoki. Maskoki kecil umumnya diberi makanan berupa larutan, semakin besar ukurannya semakin bertambah besar pula ukuran makanan buatan yang diberikan.

Rebusan kuning telur ayam yang dilarutkan ke dalam air merupakan makanan buatan yang pertama kali diberikan kepada anak-anak maskoki. Larutan kuning telur ini mempunyai ukuran partikel cukup halus dan disukai oleh anak-anak maskoki. Untuk maskoki yang berukuran besar petani biasanya memberikan makanan buatan berupa pelet dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya mulut.

Kuning telur pakan ikan maskoki

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.