Jenis Kolam Terpal Ikan Patin

Beruntung bagi anda yang mempunyai lahan banyak atau luas, karena mudah untuk di gunakan dalam budidaya ikan patin. Namun, bagi yang mempunyai lahan terbatas jangan kwatir, kolam terpal bisa di taruh di mana saja. Berdasarkan peletakannya, kolam terpal untuk budidaya ikan patin terdiri dari:

1. Kolam terpal di atas permukaan tanah

Kolam terpal di atas permukaan tanah adalah kolam yang dibangun/dibuat di atas permukaan tanah tanpa menggali atau melubangi permukaan tanhanya. Kolam terpal jenis ini lebih cocok dibangun dilahan yang miskin air, di tanah yang relatif datar dan ditanah berpasir, tetapi luasnya mencukupi. Kontruksi kolam yang dibangun di atas permukaan tanah dapat menggunakan kerangka dari bambu, kayu, pipa besi atau batako/batu bata.

2. Kolam terpal di bawah permukaan tanah

Kolam terpal di bawah permukaan tanah adalah kolam yang dibangun/dibuat di bawah permukaan tanah, yang dalam   pembuatannya harus melubangi atau menggali tanah untuk memendam sebagian atau seluruh kolam terpal. Bila kolam terpal yang dimasukkan ke dalam hanya sebagian saja maka keliling kolamnya harus diberi kerangka dari kayu, bambu, besi atau batu bata untuk menyangga sisi atau tepi kolam. Jika kolam ditanam seluruhnya dalam tanah maka terpal harus diikat dengan pasak disepanjang tepian lubang atau pada ujung terpal dilipat dan ditindih dengan batu bata, kayu atau pot tanaman. Kolam terpal jenis ini cocok di bangun di tanah yang porous, seperti tanah berpasir. Kolam terpal yang dibangun di bawah permukaan tanah selain berfungsi menghemat air agar tidak merembes, juga mencegah berbagai organisme tanah yang melubangi kolam. Suhu air pada kolam terpal yang di bangun di bawah permukaan tanah juga lebih stabil.

Berdasarkan bahan dan cara membuatnya, terutama dinding atau kerangka kolam, ada beberapa jenis kolam terpal, antara lain:

  1. Kolam terpal dengan kerangka bambu, kayu atau besi.
  2. Kolam terpal dengan dinding batako atau batu bata.
  3. Kolam terpal dengan dinding tanah.
  4. Kolam beton atau kolam tanah berlapis terpal.

Kolam 1 dan 2 merupakan kolam di atas permukaan tanah, kolam 3 adalah kolam di bawah permukaan tanah, sedangkan kolam 4 dapat berupa kolam di bawah permukaan tanah atau di atas permukaan tanah.

kolam terpal ikan patin

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.