Jenis-Jenis Maskoki

Diposkan oleh : / On Budidaya

Semenjak pertama kali ditemukan hingga dipelihara orang, sampai sekarang terdapat kurang lebih 15 macam maskoki yang telah dikenali dan digemari oleh masyarakat. Tentu saja ini belum termasuk jenis-jenis basil persilangan baru yang dianggap belum waktunya untuk dipasarkan. Penjelasan singkat mengenai kelima belas macam maskoki tersebut adalah sebagai berikut:

Mutiara

Beberapa penjual dan penggemar ikan biasa sering menjuluki maskoki mutiara ini dengan pearl scale dengan alasan lebih universal.

Tubuhnya agak bulat seperti bola tenis dan bermotif bintik-bintik seperti mutiara (pearl ). Sedangkan warnanya bervariasi dari putih kemerahan hingga kuning keemasan, tetapi pada umumnya merupakan paduan dari dua warna atau lebih.

Menurut penjualnya, maskoki jenis ini terbagi atas dua tipe pertama, tipe maskoki yang berjambul dan biasa disebut mutiara berjambul, dan tipe kedua adalah maskoki yang tidak berjambul dan dikenal dengan sebutan koki bola pingpong.

Kaliko

Tubuh kaliko agak bundar dan memiliki kepala yang relatif kecil dengan mulut sedikit runcing. Selain itu, sirip ekor dan sirip punggungnya cukup panjang. Namun ciri khas dari kaliko yang sangat digemari terutama adalah kombinasi warna pada tubuhnya yang terdiri atas hitam, putih, kuning emas dan merah.

Lion head

Tubuhnya agak gemuk, pendek dan sedikit bungkuk. Sirip pada dada, perut dan ekor relatif pendek dan memiliki jambul berwarna oranye di puncak kepala sehingga ia tampak seperti singa (lion).
Ada juga jenis yang dikenal dengan nama lion head slayer. Warna tubuhnya serupa dengan lion head, kuning agak keemasan, tetapi dengan sirip ekor yang sedikit lebih panjang.

Rancu

Secara sepintas maskoki rancu ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan lion head. Perbedaannya adalah permukaan tubuhnya yang sedikit lengkung dan jambul yang jauh lebih luas mencapai pipinya. Beberapa pedagang sering menyebutnya sebagai salah satu Varian dart lion head.

Sukiyu

Sukiyu sering disebut juga dengan pompon oleh pengusaha maupun konsumen ikan hias. Bentuk tubuhnya agak mirip dengan lion head. Ciri utama yang membedakannya dengan lain adalah adanya jaringan seperti lumut di hidung sehingga menyerupai kumis.

Spencer

Maskoki ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama oranda. Tubuhnya nyaris tidak berbeda dengan lion head, bahkan sebagian besar pengusaha dan penggemar ikan hias menganggap lion head merupakan perkembangan jenis Spencer ini.
Jambulnya berwarna oranye sampai merah, sedangkan tubuhnya kuning keemasan. Ciri lainnya adalah sirip pada punggung, dada dan ekor yang relatif panjang dibandingkan dengan lion head.

Tosa

Jenis Tosa ini paling sering dijumpai pada setiap pedagang dan peternak maskoki. Tubuhnya agak bundar dengan sirip punggung, dada dan perut serta ekor yang relatif panjang. Tosa atau kokitosa ini jika tumbuh dengan baik, panjang sirip ekornya dapat melebihi panjang tubuhnya. Pada saat berenang, ekor yang panjang ini bergerak-gerak karena mengikuti gerakan arus air sehingga di luar negeri ia disebut veil tail (ekor rumbai).

Ruble eye (mata halon)

Bentuk dan warna tubuhnya menyerupai lion head tetapi memiliki perbedaan, yaitu berupa gelembung udara seperti halon yang terdapat pada bagian bawah kedua matanya. Berdasarkan ciri khas yang dimilikinya ini maka dianjurkan untuk tidak memelihara jenis ini pada tempat yang mengandung benda-benda yang tajam atau runcing.

Red Head

Kalangan petani ikan hias lebih mengenalnya dengan julukan reskel. Bentuk tubuhnya seperti lion head dengan tubuh berwarna putih dan jambul yang merah. Jambul ini tidak sebanyak yang dimiliki oleb lion head.

Teleskop

Maskoki jenis teleskop mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai kaliko, hanya saja kedua matanya agak menonjol ke luar bagaikan sebuah teropong atau teleskop. Tubuhnya ada yang berwarna hitam pekat atau terdiri atas paduan berbagai jenis vwarna yang indah.

Black moor

Bentuk tubuh maskoki black moor merupakan gabungan dari tosa dan red bead. Bentuk kepalanya mirip dengan tosa sedangkan matanya agak membengkok (menonjol keluar) seperti red head. Seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat.

Celestial

Celestial juga merupakan salah satu jenis maskoki yang memiliki bentuk tubuh seperti lion head. Perbedaannya, mata maskoki jenis ini selalu mengarah ke alas seperti pada jenis buble eye. Satu lagi keunikan celestial adalah bahwa ia tidak mempunyai sirip punggung.

Ekor kipas

Ekor kipas atau fan tail, mempunyai bentuk dan wama tubuh yang mirip dengan kokitosa tetapi dengan sirip punggung dan ekor yang lebih pendek.

Tosakin

Jenis maskoki ini mempunyai bentuk dan wama tubuh yang tidak jauh berbeda dengan kokitosa, namun ekornya meriah seperti ekor burung merak.
Bulldog

Sesuai dengan nama yang disandangnya, raut wajah maskoki ini mengingatkan kita pada anjing jenis bulldog. Ciri-cirinya adalah matanya belang seperti maskoki teleskop sementara tnbuh dan siripnya menyerupai Spencer.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Jenis-Jenis Maskoki

  1. Mas Anto

    rusli rustam

    Jenis maskoki tiger head dan tosa ada diternak? Tlg kirim fotonya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.