Jantanisasi Benih Ikan Nila

Diposkan oleh : / On Budidaya

Jangka waktu pertumbuhan ikan nila antara jantan dan betina berbeda. Pertumbuhan jantan relatif lebih cepat dibandingkan dengan betina. Pada ikan nila strain unggul, pertumbuhan jantan 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan betina. Selain itu, jika ikan nila betina mencapai berat 200 gram/ekor, pertumbuhan semakin melambat. Sementara pertumbuhan ikan nila jantan tetap pesat. Karena itu, umumnya petani lebih suka memelihara jantan untuk budidaya pembesaran dibandingkan dengan betina.

Selain pertumbuhannya yang lambat, ikan nila betina juga mengalami masa bertelur dengan mengerami larvanya saat berumur 5-6 bulan. Pada masa tersebut, otomatis pertumbuhannya menjadi terhenti. Karena itu, jika nila betina digunakan secara komersial, petani bisa merugi. Pasalnya, biaya pemeliharaan menjadi mahal karena nilai FCR yang tinggi.

Saat ini, produsen benih ikan nila sudah bisa memproduksi ikan nila dengan persentase jantan lebih banyak atau bahkan menghasilkan 100% benih ikan nila dengan kelamin jantan. Salah satu cara untuk menghasilkan benih jantan yakni menggunakan hormon methyl testoteron. Hormon ini dapat ditemukan di toko-toko yang menjual bahan kimia. Harganya sekitar satu juta rupiah per 100 gram.

Metode aplikasi hormon methyl testoteron pada ikan nila dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama, dengan mencampurkan hormon kedalam pakan untuk larva. Cara kedua, dengan merendam larva di dalam larutan hormon tersebut.Berikut tahapan aplikasi hormon jantanisasi benih ikan nila untuk kedua metode tersebut.

Jantanisasi benih ikan nila

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.