Intensifkan Gerakan Gemari Makan Ikan

Diposkan oleh : / On Budidaya

Menteri kelautan dan perikanan mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi mengkonsumsi ikan, karena ikan bergizi tinggi dan harganya sangat terjangkau. Selain itu, meningkatnya konsumsi ikan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ikan sendiri memiliki banyak ke unggulan di banding daging. Ikan juga tersedia sepanjang tahun, mengandung protein dan omega 3 tinggi, tanpa kolesterol sehingga cocok di konsumsi dari balita hingga manula. Harganya pun murah, paling mahal Rp. 20.000 per kg, bahkan untuk lele hanya berkisar sekitar 15ribu/kg.  Sedangkan kita setiap tahun mengimpor daging 700 ribu ton dengan harga 70/kg.

Dari beberapa survey yang di lakukan pemerintah, tingkat konsumsi ikan di indonesia masih di bawah daging, yaitu kurang dari 35 kapita/tahun. Contoh menu ikan yang sangat populer adalah PECEL LELE , hampir di seluruh penjuru indonesai ada yang berjualan menu makanan ini.

Seperti di yogyakarta, pengusaha sering mengeluhkan kurangnya pasokan ikan lele. Dari kebutuhan 15 ton/hari, produksi ikan lele yang di cukupi dari DIY hanya berkisar 10-12 ton saja, kurangnya di datangkan daerah lain. Gerakan intensifkan makan harus bisa di maksimalkan, karena vitamin, dampak positifnya sangat bagus.

Gamari Makan Ikan

Berikut 5 Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Manfaat Ikan Untuk Mengurangi Kolestrol LDL. Dibandingkan dengan daging ayam, sapi, bahkan udang dan lobster sekalipun, kandungan lemak jenuh yang terdapat pada ikan terbukti jauh lebih rendah. Dimana, lemak jenuh merupakan kandungan paling berpengaruh dan pendukung terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga, resiko meningkatnya kolestrol LDL akan sangat kecil bagi mereka yang gemar mengkonsumsi ikan.
  2. Manfaat Ikan Untuk Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi protein sehat dari daging ikan, tidak perlu khawatir akan resiko terjadinya serangan jantung apalagi stroke pada tubuh Anda. Berlimpahnya kandungan asam lemak Omega 3 pada ikan merupakan salah satu alasan utamanya.
  3. Manfaat Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak. Selain mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, kandungan asam lemak Omega 3 juga diyakini mampu meningkatkan daya kerja dan kualitas kecerdasan pada otak. Sehingga, akan sangat tepat memberikan ikan kepada sang buah hati Anda. Agar kemampuan mereka dalam berfikir akan jauh lebih baik dan cerdas
  4. Manfaat Ikan Untuk Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi. Beberapa pengamatan membuktikan bahwa seseorang yang menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari mereka, akan terhindar dari resiko peradangan dan nyeri sendi, yang umumnya dialami oleh banyak orang.
  5. Manfaat Ikan yang Baik untuk Kesehatan Janin Bagi Ibu Hamil. Manfaat ikan untuk kesehatan yang terakhir adalah, diperkayanya kandungan DHA pada ikan memungkinkan janin pada ibu hamil akan lebih sehat dan kebal dari berbagai virus dan bakteri yang menyerang di dalam tubuh sang ibu.

Berikut Manfaat Ikan Untuk Anak-Anak

  1. Membuat bayi lebih cerdas. Studi dalam jurnal Pediatrics tahun 2003 menemukan bahwa calon mama yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama kehamilan dan menyusui, ternyata memiliki bayi dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia mereka 4 tahun. Pada tahun 2005, studi lain menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang diberi suplemen omega-3 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca. Otak anak tumbuh tercepat saat sebelum lahir dan terus tumbuh pesat di tahun pertama kehidupannya. Jadi, inilah waktu yang ideal untuk memberikan DHA dalam menu sehari-hari.
  2. Meningkatkan fokus. Studi lain menemukan bahwa balita yang mamanya memiliki kadar DHA lebih tinggi dalam darahnya saat persalinan, lebih mampu mempertahankan fokus pada objek dibandingkan balita lain yang mamanya memiliki kadar DHA rendah.
  3. Memperbaiki penglihatan. DHA telah terbukti membantu menajamkan penglihatan pada bayi.
  4. Meningkatkan imunitas. DHA juga telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, balita yang mengonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki kadar protein lebih tinggi-yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuhnya-dibanding balita yang minum susu formula atau susu sapi saja.
  5. Mencegah eksim. Menurut sebuah studi di Swedia, Omega-3 dapat mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Menambahkan potongan salmon atau tuna ke dalam MP-ASI si kecil sebelum usianya 9 bulan, dapat membantu melindungi anak dari risiko alergi.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.