Ikan Perlu Vitamin C

Diposkan oleh : / On Budidaya

Dinas peternakan dan peikanan Kabupaten Temanggung mengimbau peternak ikan mamberikan tambahan vitamin agar ikan tahan terhadap perubahan suhu. “Mulai Agustus ini, perbedaan suhu siang dan malam mencapai lima derajat. Ikan perlu tambahan vitamin agar tahan terhadap suhu yang ekstrem tersebut,”kata Kabid Perikanan Muhammad Hadi SP, di kantornya, senin (10/8).

Vitamin C untuk ikan

Vitamin yang dibutuhkan ikan vitamin C, sedangkan indukan ditambah vitamin E agar proteinnya terpenuhi, karena induk ikan butuh banyak protein untuk telur dan ketahanan diri.

Muhammad Hadi menjelaskan peternak ikan juga harus memberi pakan yang cukup agar pemenuhan gizinya terpenuhi sehingga ikan tidak mati. Pemberian vitamin pada ikan dianggap perlu meskipun ikan belum terlihat terkena penyakit akibat perubahan suhu. Fungsinya tak lain untuk mencegah pengaruh buruk perubahan suhu terhadap ikan.

Disampaikan, dinas mendapat laporan dari warga terkait permasalahan buruknya kualitas ikan pada musim kemarau. Laporan resmi belum ada, karena baru sebatas lisan, yaitu ketika dilakukan pemantauan pada beberapa pembudidaya ikan, minggu lalu.

Populasi ikan di Kabupaten Temanggung mulai berkembang, kelompok petani yang membudidayakan ikan milai bertambah dan terus meningkat. Para petani beternak ikan dengan mengikuti tren budi daya ikan lele menggunakan kolam terpal. Budidaya ikan ini, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual dan pemancingan ikan. “Petani dan warrga korban PHK banyak yang beralih profesi menjadi peternak ikan, terutama lele” terangnya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

2 thoughts on “Ikan Perlu Vitamin C

  1. Mas Anto

    irham

    Assalamualaikum
    Mas mau tanya, kalo pembudidaya ikan komet dmana ya
    Daerah trmanggung aja kalo ada

    Reply
    1. Mas Anto

      Mas Anto Pembuat Artikel

      Wallaikumsalam mas.
      Maaf mas untuk daerah temanggung saya kurang tau.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.