Ikan nila jantan dan betina

Sosok ikan nila tubuhnya memanjang dan memiliki sisik yang agak besar. Selain itu, ikan nila juga memiliki sisik berjenis cycloid yang menutupi seluruh tubuhnya. Sisik ikan nila lebih besar di bandingkan dengan ikan mujair. Sisik nila umumnya merupakan sisik berduri.

Nila jantan memiliki tubuh agak membulat dan pendek di banding dengan nila betina. Warna ikan nila jantan umumnya lebih cerah dari nila betina. Dibagian anus ikan nila jantan terdapat alat kelamin yang memanjang dan terlihat cerah. Alat kelamin ini semakin cerah ketika tumbuh dewasa atau matang gonad dan siap untuk membuahi telur.

ikan nila jantan

ikan nila jantan

Sementara itu ikan nila betina mempunyai warna sisik yang agak kusam dan tubuhnya agak memanjang. Di bagian anus nila betina terdapat dua tonjolan membulat. Satu untuk keluar telur dan satunya untuk keluarnya kotoran.

Nila betina

Ikan nila mencapai dewasa biasanya sekitar 5-6 bulan jika perawatan di lakukan secara teratur. pada masa 5-6bulan induk betina mampu bertelur 1000 hingga 1400 butir. Setelah telur di buahi oleh induk jantang maka akan di erami di mulut induk betina hingga larva.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.