Ikan Gurame Sebagai Usaha Sampingan Perumahan

Nah bagi anda yang mungkin punya waktu luang di rumah dan punya lahan yang nganggur bisa mencoba usaha ini yaitu budidaya ikan gurame. Rasanya nyaman lho kalau punya kolam ikan dekat rumah dan tiap pagi/sore di pandangi sambil ngopi, merokok atau lagi nyantai 😀 .

Di area pedesaan sendiri biasanya memiliki luas tanah lebih yang relatif besar atau pekarangan yang besar, dan sebenarnya melalui hal tersebut saja sudah terdapat beberapa segmen bisnis rumahan yang dapat coba dijalankan oleh siapa saja. Seperti salah satu bisnis rumahan yang menguntungkan di pedesaan yaitu bisnis budidaya ikan gurame, selain dapat memanfaatkan lahan tanah yang dimiliki, segmen bisnis ini juga tidak akan membutuhkan investasi dana awal yang relatif besar.

Usaha rumahan dengan budidaya gurame

Agar lebih efektif dan menghemat segala sesuatunya, kolam yang digunakan sebaiknya dibuat dari terpal saja layaknya budidaya ikan lele, dengan ukuran 1 meter persegi yang memiliki tinggi sekitar 90cm dipastikan dapat memuat 10 ekor ikan gurame bibit dengan berat sekitar 250 gram. Dan melalui hal tersebut anda tinggal mengkalkulasikan saja seberapa luas tanah yang anda miliki serta seberapa luas kolam ikan gurame yang akan dibuat, adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti kebersihan air, pemberian pakan, hingga pemilihan bibit unggulan yang tepat.

Dan jika bibit gurame awal yang dipilih seberat 250 gram, maka pada umumnya dalam jangka waktu sekitar 5 bulan ikan-ikan gurame tersebut sudah dapat dipanen karena sudah akan berbobot antara 600 gram hingga 700 gram jika pemeliharaan dilakuakn dengan tepat.

Semua usaha pasti ada kegagalan dan kesuksesan jadi sebelum memulai suatu usaha anda harus siap rugi. Saya tidak selalu memamerkan enaknya saja namun juga mengingatkan akan kerugian yang di alami. Sekian sedikit pengetahuan dari saya pengelola banyudadi dan semoga bermanfaat bagi pembaca semua amiiiin…

[jawanet-review-rating rating=”3″ bestrating=”5″]

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

2 thoughts on “Ikan Gurame Sebagai Usaha Sampingan Perumahan

  1. Mas Anto

    Caca

    sip om buat sharenya, logis dan saya setuju, betul banget kerja
    persis yang anda tulis yng lagi hangat-hangatnya sampai kapanpun

    Reply
  2. Mas Anto

    Wirausaha Budidaya Ikan Lele

    Salah satu usaha yang cukup prosfektif sekali,karena semakin kemari semakin besar pula kebutuhan akan pasokan ikan di Indonesia khususnya. Tidak mengherankan jika usaha yang satu ini banyak sekali orang yang mulai tertarik untuk menggelutinya. Thanks Fos Sharing…!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.