Ikan Graskap Mampu Cegah Gulma Di Waduk

Tahukah anda kalau ikan graskap bisa di manfaatkan untuk mencegah gulma gulma di sungai, waduk rawa ? memang tidak bisa se maksimal seperti yang di harapkan namun ikan ini cukup efektif untuk membantu mengusir gulma. Ikan graskap yang dulunya di temukan di daerah cina dan siberia ini ketika masuk di perairan eropa banyak yang menggunakan untuk mengontrol hama seperti tumbuh-tumbuhan. Dengan manfaat ini tentu usaha budidaya anda yang ada di waduk bisa lebih baik.

Ikan Graskap Mampu Cegah Gulma Di Sungai, Rawa

Pemanfaatan ikan graskap sebagai pengontrol hama tumbuhan (seperti enceng gondok) berdasarkan kemampuannya untuk mengkonsumsi tanaman (mikro atau makrofita). Ikan graskap memiliki kemampuan reproduksi yang sangat tinggi. Ikan ini, ketika hidup di Sungai Amur, betina yang secara reproduksi matang (7-15 tahun) dapat menghasilkan telur sebanyak 820.0000 telur. Sedangkan Grass carp yang hidup di perairan Eropa memiliki kemampuan untuk menghasilkan telur berkisar antara 500.000-700.000 / ikan yang berukuran 6-8 kg.

Gulma enceng Gondok

Ikan Graskap juga memiliki kesukaan terhadap jenis makanan tertentu. Graskap berukuran 25-33 mm (TL) memakan alga berfilamen. Sedangkan ada ukuran 35-40 cm (umur sekitar 1-1,5 bulan), ikan ini memakan daun lunak dari makrofita yang tenggelam. Pilihan makanan pada grass carp dewasa menurun bersamaan dengan bertambahnya usia dan ukuran. Grass carp muda memiliki gigi faring yang lemah dan kecil, sehingga pilihan makanannya adalah tanaman yang lunak dan muda.

eceng cukup mengganggu perairan waduk

Ikan graskap usia ini cenderung menghindari tanaman yang memiliki daun yang kasar atau liat seperti (Stratiotes aloides L dan berbagai jenis monokotiledon), daun berukuran besar yang mengapung (Nymphaea dan Nuphar spp), tanaman dengan rasa yang kuat (Polygonum hydropiper L) atau beracun (Ranunculus spp). Hampir sama, ikan dengan berat kurang dari 1 kg memilih akar, sedangkan ikan yang lebih besar juga memakan daun dan petiola enceng gondok . Ikan graskap yang lebih besar dari 1 kg juga memakan tanaman jenis ini hanya jika tidak ada makanan lainnya. Jenis makanan yang paling disukai oleh grass carp adalah elodea, water celery, dan pondweed (daun tipis). Sedangkan tanaman yang tidak begitu disukai diantaranya adalah cattail, bulrush, sedge, alga berfilamen, teratai, dan enceng gondok.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.