Herbal Untuk Mengompos Air dengan Teknik Organik

Diposkan oleh : / On Budidaya

Saya akan sedikit membagikan sedikit pengalaman tentang Herbal Untuk Mengompos Air dengan Teknik Organik. Langkah ini perlu di lakukan pada budidaya partai besar maupun kecil.

Bahan-bahan

  • 5 Liter Air Bersih
  • 10 Lembar Daun Pepaya Jantan
  • 10 Lembar Daun Sirih
  • 10 Lembar Daun Ketapang
  • 10 Lembar Daun Jawer Kotok
  • 1 Kilogram Arang kayu
  • 1 Kilogram Kotoran Kambing, disarankan kotoran kambing basah atau becek karena bercampur dengan air kencing (Jangan yang bulat-bulat).

Cara pembuatan ramuan herbal lele ini cukup mudah, rendam saja bahan-bahan tersebut di atas menjadi satu pada wadah khusus, misalnya ember, lalu biarkan atau diendapkan selama dua minggu. Setelah itu ramuan herbal lele ini bisa digunakan.

Adapun cara penggunaan ramuan herbal lele tersebut :

Campurkan 4 (empat) tutup botol aqua (+ 20cc) cairan herbal lele dengan 5 (lima) liter air, tambahkan dengan 2 (dua) sendok garam dapur. Setelah tercampur sempurna, ramuan herbal lele tersebut bisa segera diaplikasikan pada kolam lele berukuran 10 m persegi.

Caranya, ramuan herbal lele disebar merata pada permukaan air kolam. Jika anda memiliki kolam dengan ukuran lebih besar, tinggal disesuaikan saja dosis penggunaannya. Pemberian ramuan herbal lele ini biasanya diberikan pada awal persiapan air kolam pada segmen pembesaran atau untuk kolam indukan. Waktu pemberiannya bersamaan dengan proses pengomposan.

Herbal kompos kolam air

[review-rating title=”Pasar Luar Negeri Mulai Gemari Ikan Hias” rating=”4″ bestrating=”5″]

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.