Hama saat Pembesaran Ikan Nila

Hama yang menyerang ikan nila pada dasarnya hampir sama dengan hama yang menyerang benih, yakni burung cangak, ular dan regul. Selain itu, predator ini juga dapat menjadi vektor (pembawa penyakit), baik parasit maupun bakteri.

Karena itu, sistem biosekuriti perlu diterapkan pada budidaya ikan nila. Caranya, menanam pagar hidup di pematang., seperti pohon talas ,pohon kleresede,serai, daun pandan dan pagar bambu untuk menghindari hama masuk ke lokasi budi daya. Berikan pelindung seluas sepertiga bagian berupa tanaman air seperti enceng gondok dan teratai. Selain sebagai upaya pencegahan hama, adanya tanaman air juga dapat memperbaiki kualitas air di kolam.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.