Cuaca Dingin Ikan Butuh Jamu

Diposkan oleh : / On Budidaya

Tak cuma manusia saja yang butuh jamu penambah stamina dan penghangat tubuh saat cuaca dingin menerpa lingkungannya. Ikan yang dari telur, menetas hingga tumbuh besar selalu berendam di air pun ternyata juga butuh jamu semacam itu.

Hal itu yang dilakukan oleh Winarto, Ketua Kelompok Tani Manunggal di Padukuhan Karanggawang, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Ramuan jamu di dalam pakan ikan yang dibuatnya sendiri, terbukti ampuh membantu daya tahan ikan ketika cuaca sedang tidak menentu dan suhu air mendadak dingin.

“Ada beberapa bahan penting dalam ramuan jamu yang saya campurkan di dalam pakan ikan yang saya buat. Antara lain jahe untuk menghangatkan tubuh ikan dari dalam, serta temulawak untuk menjaga nafsu makan ikan tetap baik, sehingga terhindar dari penyakit,” sebutnya, saat menerima para petani ikan se-Kabupaten Sleman untuk berlatih membuat pakan ikan dirumahnya, akhir pekan kemarin.

Hal lain yang tak kalah penting, lanjut Winarto, ikan membutuhkan pakan yang kaya kandungan protein yang mampu dicerna hewan air ini. Protein menyumbangkan sebagian besar kenaikan bobot dan pertumbuhan ikan. Protein dalam pakan ikan buatannya, di antaranya diperoleh dari tepung ikan, lalu digiling bersama bahan lainnya.

“Agar protein ini mudah dicerna maksimal oleh ikan, saya memakai mikroba khusus dengan takaran tertentu ke dalam pakan ikan buatan saya ini,” akunya.

Cuaca Dingin Ikan Butuh Jamu Lebih Dan Perawatan

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.