Ciri-Ciri Bibit Ikan Lele Berkualitas

Untuk menentukan nasib usaha budidaya ikan lele di perlukan ketelitian dalam hal memilih kualitas bibit lele. Kenapa saya katakan harus lele yang berkualitas, benih yang kurang baik akan sangat pertumbuhannya. Ini karena hal ilmiahnya. Jika hanya mencari lele asal bisa hidup saja mungkin tidak perlu kita mencari lele yang berkualitas. Benih yang berkualitas jika di tunjang dengan pakan dan vitamin yang mencukupi mampu berkembang cepat 10x lipat dari lele yang hidup di alam liar. Terutama jika kita budidaya untuk keperluan bisnis.

Di lihat dari pandangan mata pun jika lele berkualitas sudah bisa di perkirakan, yaitu dari gerakan bibit lele yang lincah. bila bibit lele tampak lemas serta kurang gerakan atau gerakannya cuma maju mundur saja maka baiknya ikan lele ini tak dibeli. Gerakan yang lincah yang disebut di sini yaitu gerakan berenang yang aktif serta benar-benar responsive. Naik turun ke antara permukaan ke dasar kolam juga cepat. Langkah memastikan responsive atau tidak yaitu dengan memasukkan ujung jari ke wadah penampung bibit, atau mencemplungkan batu kedalam wadah bibit, bila bibit lele itu aktif maka mereka bakal benar-benar tanggapan pada aksi itu.

Permukaan tubuh yang mulus serta sewarna, bila anda temukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet baiknya bibit ini janganlah dibeli. Bibit lele yang baik memilii warna badan yang sewarna (biasanya cokelat tua atau hitam kemerah-merahan). Makin banyak lecet pada permukaan badan bibit lele maka makin tinggi kemungkinan kematian lele itu.

Benih Lele Berkualitas prima

Dapat bergerak melawan arus yang lembut, langkah memastikan hal semacam ini pada bibit lele yaitu dengan memiringkan wadah bibit ikan lele dengan cara perlahan-lahan, bila dengan cara umum atau sebahagian besar bibit bergerak melawan arus yang terwujud maka bisa diambil kesimpulan bibit itu dalam situasi baik. Sebaliknya beberapa besar bibit ikan lele segera terbawa arus maka baiknya bibit ini janganlah dibeli.

Cermati juga kelengkapan dari sisi badan bibit itu, adapun bagian-bagian bibit ikan lele yang baik yaitu ; tubuh, 2 pasang sirip bawah (sisi leher serta tengah tubuh), sirip punggung sepanjang tubuh, sungut yang komplit (4 pasang). Makin prima bagian-bagian badan bibit lele maka makin baik nilai bibit itu.

Kami banyudadi selalu berusaha menyediakan benih-benih ikan lele yang berkualitas dan mampu berkembang di kolam budidaya lain. Pemesanan benih lele kunjungi halaman pemesanan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

4 thoughts on “Ciri-Ciri Bibit Ikan Lele Berkualitas

  1. Mas Anto

    dani

    mas,alamat jenengan pundi? Ada nomer hp yang bisa dihubungi kah,saya mau belajar budidaya ikan,mksh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.