Cara Pengobatan Ikan Gurami Yang Sakit

Diposkan oleh : / On Budidaya

Cara pengobatan ikan yang sakit dikenal ada beberapa macam. Pemilihan cara yang akan diambil harus mempertimbangkan berbagi faktor, diantaranya efektivitas,efisiensi,jenis penyakit, jenis media budi daya dan keberadaan dana. Berikut beberapa macam cara pengobatan penyakit ikan yang bisa dilakukan.

a. Perendaman (dipping)

Cara pengobatan ikan sakit antara lain dengan perendaman (dipping), sering digunakan pada ikan yang terserang penyakit pada bagian tubuh luar (ekroparasit). Ini dapat dilakukan pada ikan di kolam baik besar maupun kecil. Perendaman dengan cara ikan yang terserang penyakit diambil kemudian dilakukan perendaman larutan senyawa kimia atau ikan langsung direndam di dalam kolam budi daya. Pengobatan dengan cara ini harus tepat pada waktu menentukan dosis/konsentrasi yang digunakan dalam satuan volume air dan lama waktu pengobatan. Terutama bila menggunakan bahan-bahan kimia yang sensitif terhadap ikan budi daya.

b. Melalui pakan

Pengobatan dengan cara oral melalui pakan lebih cenderung dilakukan untuk ikan yang belum parah penyakitnya sehingga masih mempunyai nafsu makan. Pemberian obat dengan cara ini lebih efektif untuk serangan penyakit yang tidak menimbulkan kematian mendadak. Pemberian obat melalui pakan adalah upaya meningkatkan daya tubuh dan membunuh mikroba yang menyebabkan timbulnya sakit. Cara oral dilakukan dengan mencampurkan obat atau senyawa kimia ke dalam pakan yang akan diberikan. Pencampuran dapat dilakukan dengan air atau telur ayam. Selanjutnya, campuran pakan dan obat tersebut diangin-anginkan sebelum diberikan.

c. Penyuntikan

Pengobatan pada ikan dengan cara penyuntikkan cukup efektif jika dilakukan pada induk ikan dan dalam jumlah yang sedikit. Biasanya, penyuntikkan lebih cenderung dilakukan pada ikan yang terserang parasit dengan antibiotik. Penyuntikkan yang lazim dilakukan yaitu pada bagian punggung ikan. Obat semacam chlorampenikol 30 mg, kemisistin 20 mg dan teramisin 25 mg jika dicampur dengan aquabide dapat digunakan untuk menyuntik ikan.

Penggunaan obat-obatan dan zat kimia dalam budi daya ikan telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: Kep.20/MEN/2003 tentang Klasifikasi Obat Ikan (lihat lampiran).

Pengobatan Gurami Sakit

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.