Cara Mengobati Ikan Sakit Modern

Tindakan penanggulangan penyakit ikan melalui pengobatan di upayakan agar ikan sembuh, tanpa membahayakan keracunan obat. Untuk ikan, perlu di ketahui gejala-gejala umum yang timbul kemudian di lakukan diagnosis untuk menemukan faktor penyebabnya. Setelah itu, barulah di tentukan cara mengobatinya. Setelah secara pasti faktor-faktor penyebabnya di ketahui kemudian di tentukan pula jenis obat yang akan di gunakan serta dosisnya yang tepat sehingga tercapai efisiensi penggunakan obat dan evektifitas pemberantasan.

Alat-alat dan jenis obat ikan

Peralatan yang di perlukan dalam proses penanggulangan penyakit untuk kepentingan identifikasi maupun pengobatan biasanya adalah peralatan labolatoruim. Perlengkapan khusus ini terdiri dari alat yang paling sederhana sampai alat yang cukup canggih. Namun, untuk keperluan labolatorium yang sederhana perlatan tersebut tidak perlu mutakir/canggih, yang penting tugas dari labolatorium bisa berjalan dengan bai. Sementara jenis obat yang biasa di gunakan untuk pengobatan penyakit ikan banyak sekali, umumnya terdiri dari bahan kimia dan bersifat racun.

1. Alat-alat

Perlangkapan berikut ini merupakan alat-alat khusus yang mutlak ada, terutama pembudidaya ikan yang berorientasi komersial.

a. Di setting set

Di secting set di gunakan sebagai alat bedah ( otopsi ), terdiri dari:

  • Pisau atau scalpel: untuk memotong jaringan atau membelah jaringan pada saat otopsi.
  • Gunting: Di gunakan untuk ,e,otong jaringan atau membelah jaringan, misalnya membelah usus.
  • Pis set: sebagai penjepit atau pemegang jaringan ketika sedang melakukan pembedahan.
  • 2 macam jarum dengan fungsi berbeda: satu untuk menusuk jaringan dan satunya lagi untuk menjahit jaringan yang telah di bedah.
b. Wadah pembedahan

Wadah ini untuk menyimpan sampel yang akan di periksa pada saat pembedahan. Ukurannya bermacam-macam, tergantung pada ukuran dan jumlah sampel.

c. Mikroskop

Mikroskop merupakan alat yang sangat penting karena kegunaannya untuk melihat microorganisme penyebab penyakit ikan yang tidak dapat di lihat dengan mata. Alat ini bisa di gunakan untuk melihat jaringan rusak yang di sebabkan oleh jasad patogen.

d. Kulkas dan freezer

Kulkas atau freezer di gunakan untuk menyimpan sampel agar tidak rusak dan bisa juga di manfaatkan untuk tempat menyimpan obat-obatan. Keberadaan kulkas atau freezer sama pentingnya dengan alat-alat lainnya.

e. Alat-alat berupa gelas

Peralatan ini mudah sekali pecah karena terbuat dari bahan gelas. Jadi, dalam penggunaannya di lakukan hati-hati. Pada saat idak di gunakan , perlatan ini sebaiknya di simpan pada tempat khusus yang tidak mudah terkana guncangan.

f. Autoklaf

Autoklaf merupakan alat yang dapat menghasilkan pemanasan pada temperatur tinggi(121 C) dengan dan tekanan yang tinggi (1kg/cm2). Alat ini berguna untuk mensterilkan kembali alat-alat labolatorium. Peralatan labolatorium yang bisa di sterilkan adalah alat-alat gelas atau alat-alat yang terbuat dari bahan metal.

2. Jenis-jenis obat ikan

Obat ikan yang lazim di gunakan dalam megobati penyakit banyak sekali janisnya. Ada yang berbentuk serbuk, cairan, semua merupakan bahan kimia berdasarkan sifatnya, jenis obat tersebut dapat di kelompokan menjadi obat anti biotik, desinfektan, insektisida, obat oles, dan obat-obatan lain.

a. Antibiotik

Umumnya obat anti biotik di gunakan untuk penyakit bakterial yang di aplikasikan dengan cara perendaman, penyuntikan, maupun pengobatan melalui pakan. Contoh obat-obat antibiotik adalah: tetrasiklin, kemisitin, oksitetrasiklin HCI, streptomisin, sulfamerisin dan sulfanomid.

b. Dsinfektan

Desinfektan dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu , tetapi dapat juga di gunakan untuk mensucihamakan sarana produksi kolam dan peralatan perikanan. Contoh desinfektan antara lain kapur, garam dapur (NaCI), cairan karbol, PK (KMnO4).

Pk obat ikan sakit

c. Insektisida

Insektisida lebih sering di gunakan dalam bidang pertanian seperti untuk padi, sayuran, atau buah-buahan. Intektisida umumnya berbentuk cairan dengan kandungan bahan aktif  berbeda-beda. Jenis intektisida yang biasa di manfaatkan untuk memberantas parasit ikan adalah inteksitisida golongan organofosfat.

d. Obat oles

Obat oles yaitu obat yang biasa di gunakan manusia, terutama untuk mengobati luka-luka. Obat ini berbentuk cairan, penggunaan dalam pengobatan ikan harus di encerkan terlebih dahulu hingga 10kali. Cara penggunaannya, di oleskan tepat pada tubuh ikan yang terinfeksi parasit dan bakterial lainnya dengan bantuan kapas. contohnya adalah obat merah (jodium tinctuur, mercurochrom). Kecuali itu, ada lagi bedak talk yang penggunaannya juga di oleskan, terutama untuk melepaskan ektoparasit seperti argulus sp, yang menempel ketat pada tubuh ikan.

e. Obat lain-lain

Justru obat ini lah yang paling sering di gunakandalam pengobatan ikan. Sebagian besar berbentuk serbuk, bersifat racun. Harganya pun lemuayan mahal. Obat ini mudah di peroleh di toko-toko obat atau apotik. Obat-obat yang di maksud dan sudah di kenal luas adalah malachyt green, methylene blue, coper sulfat (CuSO4), PK (kalsium permanganat), rivanol, bromex, kemudian formalin, HCI quinine, chinine tripaflavin, garam amonia (NH4CI) dan kalium bikromat.

Selanjutnya Lama frekuensi, Dan Dosis Pengobatan Ikan

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Cara Mengobati Ikan Sakit Modern

  1. Mas Anto

    Iskandar Santoso

    Dimana saya bisa mendapatkan abate 1% kemasan botol 1kg …
    Kolam saya 5,5 x 3,5 volume 8m3 , dasar padas, dinding bata tanpa plester
    Debit mata air hanya 400liter/ jam
    Isi nila 150 , patin 50 dan tombro/koi 10

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.