Budidaya Kutu Air Untuk Ikan Tawar Dan Hias

Diposkan oleh : / On Budidaya

Kutu air merupakan salah satu alternatif pakan ikan yang cukup baik untuk perkembangan ikan, menumbuhkan kutu air juga tidak semudah menumbuhkan kuman dalam kolam. Ada beberapa cara yang perlu anda pelajari. Manfaat dari kutu air dapat mempercepat pertumbuhan, dan dapat dibeli dari penjual pakan ikan hias di toko ataupun pasar ikan hias, namun apabila kita jauh dari penjual kutu air, agak repot juga untuk belinya, butuh bolak-balik ke lokasi penjualan tiap harinya. Nah maka dari itu solusinya adalah budidaya sendiri kutu air itu, dengan budidaya sendiri bisa lebih efisien dari waktu dan dana, lebih irit maksudnya, baiklah berikut tahapan untuk budidaya kutu air untuk pakan ikan:

1. Siapkan media atau tempatnya

Tempat bisa berupa kolam semen kecil atau kolam terpal ukuran 1x1x30 cm sudah cukup, atau ukuran lainnya juga, atau ember juga bisa,

2. Siapkan pakan untuk kultur kutu air

alternatif 1

siapkan 1 kg kotoran ayam, lalu jemur sampai kering, ditambah ampas kelapa parut secukupnya saja , cukup 2 genggam

atau

alternatif 2

ada juga yang menggunakan sayuran kol yang sudah layu lalu di rebus sampai seperti bubur

3. masukan pakan kutu air tadi (alternatif 1 atau alternatif 2) kedalam media tempat ikan dan isi dengan air, dan beri aerasi, biarkan beberapa hari sampai air menghijau atau coklat.

4.masukan kutu air 2 gelas.

5. dalam 3 hari jumlah kutu air sudah banyak.

Perawatan dan penumbuhan kutu air

Agar jumlah kutu air stabil, maka dari itu diperlukan maintain berupa pemberian pakan dengan alternatif 1 atau alternatif 2 selama 2 minggu sekali. mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi pecinta ikan, dan untuk pakan tadi sebenernya banyak alternatif-alternatif lain seperti dapat menggunakan susu bubuk, atau dari kotoran dalam filter ikan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.