Budidaya Ikan System Akuaponik Di Bangka Belitung

Diposkan oleh : / On Budidaya

System budidaya akuaponik sekarang menjadi suatu pilihan yang bagus, selain bagus untuk perkolaman juga banyak manfaat yang bisa di gunakan untuk lingkungan. di bangka belitung salah satu universitas sedang mengembangkan system akuaponik ini dan mulai di ajarkan kepada masyarakat.

Budidaya system akuaponik di bangka

Pemodelan akuaponik di Desa Tempilang merupakan kombinasi budidaya ikan nila dan ikan hias di kolam terpal dengan tanaman seledri bermedia sekam padi. Sedangkan di Desa Jada, pemodelan akuaponik yang dikembangkan adalah kombinasi budidaya ikan lele di kolam terpal dengan tanaman bawang daun, kangkung, dan sawi bermedia tanah.

Demikian yang disampaikan Ketua Tim Pelaksana, Andri Kurniawan, dalam rilisnya, Kamis (6/12) kemarin. ”Sistem akuaponik yang dikembangkan adalah bagian dari sistem irrigation drip (irigasi tetes) dan dipadukan dengan pengaturan waktu sirkulasi. Sehingga tanaman memperoleh asupan nutrisi dan air secara tepat, sedangkan proses pengkayaan oksigen untuk ikan juga berlangsung dengan baik,” katanya.
Menurut Andri, pemodelan teknologi akuaponik yang diterapkan di kedua desa tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman masyarakat dalam budidaya komoditas air tawar serta inisiasi teknologi tepat guna bagi masyarakat.

Selain itu, pengembangan teknologi akuaponik diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Hal ini dikarenakan sistem akuaponik mampu membantu masyarakat untuk tidak terlalu bergantung di dalam memenuhi kebutuhannya, khususnya komoditas perikanan dan tanaman. ”Produktivitas yang baik dapat mengurangi sifat konsumtif dan menumbuhkan jiwa produktif yang dapat bernilai ekonomis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”terang Andri.

Budidaya akuaponik di bangka

Pada sistem akuaponik tersebut dapat diterapkan sistem panen ganda dengan memperhatikan jenis tanaman, ikan yang dibudidayakan, dan masa produksi tanaman maupun ikan. Pada umumnya, sekitar 3 bulan beberapa jenis tanaman dapat dipanen. ”Di sisi lain, air yang digunakan di dalam budidaya ikan tetap dalam kondisi relatif stabil. Teknologi ini dimungkinkan untuk diterapkan pada daerah yang sedikit mengalami kesulitan air sehingga dapat menjadi solusi produktif meskipun terjadi keterbatasan air,”jelasnya.

Proses resirkulasi yang dilakukan pada teknik akuaponik juga memungkinkan untuk mendaur ulang limbah pakan di perairan menjadi nutrisi bagi tanaman.”Produksi dengan mengguakan sistem akuaponik memungkinkan untuk menghasilkan produk yang sehat dan organik. Hal ini dikarenakan di dalam budidaya ikan dan tanaman dapat dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia maupun antibiotik,”bebernya.
Sedangkan menurut Yeyen, salah satu warga yang mengikuti desiminasi pemodelan teknologi akuaponik di rumahnya, Desa Tempilang mengaku merupakan suatu tambahan ilmu yang sangat bermanfaat. “Saya berharap kegiatan pemodelan akuaponik dapat diadopsi bagi masyarakat luas sehingga kemandirian masyarakat dapat tercipta,”harapnya.

Di dalam rangkaian kegiatan tersebut, Andri Kurniawan menilai kegiatan kemitraan seperti yang dilakukan melalui CSR PT Timah Persero (Tbk) perlu terus dilakukan dan dibina dalam rangka mendukung percepatan inisiasi teknologi tepat guna bagi masyarakat, khususnya dalam bidang perikanan. ”Sinergisitas ini diperlukan juga sebagai bentuk tanggung jawab semua stakeholders sesuai kapasitas profesionalitas masing-masing terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat binaan,”tutupnya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.