Buat Pakan Sendiri Untuk Bibit Gurame

Pakan untuk ikan gurame ini berbeda untuk masing-masing usia. Maka dari itu perhatian terhadap pemberian pakan bibit gurame harus dilakukan agar perkembangan bibit bisa optimal. Gurame sendiri ikan yang cukup lambat untuk berkembang jika tidak optimal bisa sangat lama masa perkembangannya 😀 . Ya bisa di bilang agak ribet namun hasil penjualan ikan gurame juga cucok dengan jerih payah waktu budidaya.Bibit Gurami Dengan Pakan Buatan

Bibit gurame dengan ikan gurame yang sudah dewasa tentu saja pakannya berbeda. Benih ikan gurame lebih suka memakan larva serangga seperti bangsa udang-udangan, zooplankton sampai cacing sutra. Sedangkan ikan gurame dewasa lebih suka memakan tumbuhan yang tumbuh di air atau tumbuhan air.

Biasanya, memberi makanan dari tumbuhan atau pakan alami saja belum mencukupi kebutuhan gizinya. Oleh karena itu, sebagian pembudidaya ikan gurame memberikan pakan buatan atau disebut dengan pellet selain pakan alami. Mengapa mereka lebih cenderung memberikan pakan buatan dan bukan alami? Alasannya, pakan buatan lebih praktis dan lebih terukur takarannya daripada pakan yang alami.

Ada hal lain selain dari jenis makanan/pakan atau pellet yang harus diperhatikan ketika akan membudidayakan ikan gurame ini, yaitu sifat biologis ikan itu sendiri. Sifat biologis ikan gurame yang harus diperhatikan adalah kebiasaan makan ikan yang aktif atau waktu aktif ikan gurame mau memakan pakan yang diberikan. Akan lebih bagus jika memberikan makan pada waktu ikan gurame tersebut sedang aktif makan sehingga hasilnya akan lebih baik lagi.

Pakan Ikan Gurame

Berikut ini beberapa daftar pakan ikan gurame yang diukur berdasarkan kedalaman air dan klasifikasi benihnya:

  • Untuk ikan gurame yang diletakkan di air dengan ketinggian 30 – 40 cm dalam klasifikasi pendederan I diberikan pakan alami seperti zooplankton dan cacing sutra.
  • Untuk ikan gurame yang diletakkan di air dengan ketinggian 40 – 50 cm dalam klasifikasi pendederan II diberikan tepung ikan, bungkil atau remah.
  • Untuk ikan gurame yang diletakkan di air dengan ketinggain 50 – 60 cm dalam klasifikasi pendederan III diberikan pellet remah atau pellet kecil.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Buat Pakan Sendiri Untuk Bibit Gurame

  1. Mas Anto

    Kun

    Apakah Bapak menerima pembelian bibit gabus dari luar komunitas Bapak?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.