Azolla Tekan Biaya Pakan Budidaya Ikan Nila

Azolla adalah tumbuhan air yang banyak mengandung vitamin yang di butuhkan oleh ikan. Contohnya ikan lele, nila, gurame, jika dalam kolam budidaya tersedia azolla ikan ikan yang ada di kolam tersebut juga akan mengalami peningkatan budidaya yang optimal. Di samping banyak mengandung vitamin, azolla juga bisa menghemat pakan anda. Azolla sangat cocok untuk ikan nila, dan sekaligus menjadi pakan alternatif dalam budidaya ikan nila.

Azolla hemat pakan ikan nila

Pembudidaya ikan pun mulai banyak yang mencoba pakan alami ini dan merasakan manfaatnya. Salah satunya adalah Udiono pembudidaya ikan di daerah Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah ini memanfaatkan tumbuhan Azolla untuk pakan ikan nila peliharaannya.

Pria yang menjadi pembudidaya ikan sejak 2000 ini mengaku sudah sekitar 1 tahun menerapkan kombinasi tumbuhan Azolla dan pakan pelet pabrikan sebagai pakan ikan.

Azolla juga lebih efisien untuk alternatif pakan nila

Udiono mengklaim, dengan menggunakan tumbuhan Azolla sebagai pakan nila, biaya pakan bisa ditekan hingga 20 %. FCR (feed convertion ratio/rasio konversi pakan) dengan lama pemeliharaan sekitar 120 hari dari ukuran benih 1 kg berisi 50 ekor nila bisa mencapai 0,9.

Jika tidak menggunakan tumbuhan Azolla dan murni hanya memakai pelet, FCR bisa mencapai 1,2. Ia menghitung jika menggunakan pakan pelet saja yang mengandung protein sekitar 30 % maka dibutuhkan biaya pakan saja sekitar Rp 11 ribu per kg nila.

Namun jika memanfaatkan tumbuhan Azolla biaya pakan bisa ditekan menjadi Rp 9 ribu per kg nila. “Dengan harga jual nila ukuran konsumsi Rp 17 ribu per kg saat ini maka keuntungan bisa lebih besar lagi,” tandasnya.

Tusmino juga punya hitung-hitungan, penggunaan tumbuhan Azolla bisa menekan biaya pakan sekitar 25 – 30 %. Ia memperinci, untuk 1 kg nila dibutuhkan pakan pelet 1 kg dan pakan tumbuhan Azolla 1 kg. “Dari 1 kg benih nila berisi 70 ekor dan dipelihara selama 4-5 bulan bisa dipanen menjadi 4 ekor per kg dengan menekan biaya pakan sampai 30 %,” jelasnya.

Dengan harga jual nila ukuran konsumsi di wilayahnya Rp 20 ribu per kg sementara HPP (harga pokok produksi) berada dikisaran Rp 11 ribu per kg sehingga Tusmino bisa meraup untung sekitar Rp 9 ribu per kg. “Saya menggunakan pakan pelet dengan protein terendah 13 % dengan harga Rp 5.500 per kg sehingga bisa meningkatkan pendapatan,” jelas Tusmino.

Setelah umur bibit nila 1 bulan

Pemberian tumbuhan Azolla dilakukan pada nila yang berumur setelah 1 bulan dari larva. Pasalnya, kalau ikannya masih kecil belum mampu memakannya. “Cara pemberiannya, tumbuhan Azolla cukup disebarkan di atas permukaan kolam untuk dibiarkan dimakan oleh nila,” ujar Udiono.

Jika nila semakin besar maka jumlah tumbuhan Azolla yang dibutuhkan semakin banyak. Tidak jarang Udiono memberikan tumbuhan ini beberapa kali dalam sehari agar persediaan di kolam ada setiap harinya.

Tusmino berpendapat pemberian tumbuhan Azolla pada nila dilakukan pada umur 1,5 bulan. Adapun jumlah pemberiannya sebanyak 3 % dari bobot badan.

Guna menyiapkan stok yang cukup untuk budidaya ikannya, Udiono menanam Azolla di sawahnya. Dalam waktu sekitar 3 minggu, Azolla ini akan tumbuh dalam jumlah banyak. “Cara tanamnya sangat mudah, yang penting di bawah tumbuhan Azolla ini ada air dan lebih baik lagi diberi pupuk kandang supaya lebih subur dan banyak,” katanya. Pria yang dipercaya menjadi Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Minadadi Rezeki ini tidak segan membagi pengalamannya ke seluruh anggota yang berjumlah 20 orang.

Tusmino, pembudidaya ikan nila dari daerah Gumiwang Utara Purwanegara Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah yang juga Ketua Kelompok Serayu Mas (Seruan Karya untuk Masyarakat) menyatakan pembudidaya telah mengadopsi dan menggunakan cara ini termasuk semua anggota kelompok.

Azolla Tekan Biaya Pakan Budidaya Ikan Nila
8/10 Star

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

18 thoughts on “Azolla Tekan Biaya Pakan Budidaya Ikan Nila

  1. Mas Anto

    Gayuh

    Saya pembudidaya ikan di Probolinggo. Ada yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara membudidayakan azolla? kolam saya semua kolam tembok. Terima kasih.

    Reply
    1. Mas Anto

      Mas Anto Pembuat Artikel

      Lain waktu akan saya ulas mas cara budidaya azolla kolam tembok.

      Reply
  2. Mas Anto

    wawan

    Saya coba kasih azolla ke nila tapi sepertinya tidak dimakan pak, bagaimana caranya biar nila doyan azolla pak?…nila sy ukuran 5-7cm pak.. Trm ksh,

    Reply
  3. Mas Anto

    Agen starbio plus

    maaf gan mau tanya apakah azola yang sudahnya difermentasi dengan probiotik itu kandungan nutrisinya akan lebih baik bila dibandingkan dengan azolasegar ? trims telah berbagi informasi

    Reply
    1. Mas Anto

      Mas Anto Pembuat Artikel

      Menurut saya itu lebih baik mas. Probiotik nya jenis apa ya ?

      Reply
    1. Mas Anto

      Mas Anto Pembuat Artikel

      Seperti itu gak papa mas, kalau bisa secukupnya saja misal untuk 2 hari atau 4 hari.

      Reply
  4. Mas Anto

    lumut ijo

    Juragan sya mau tanya????ktx utk ikan nila agar cepat besar hrus dmandulkan….benar apa tidak n mulai umur brp dkasih obat mandul,,,….terimakasih////….

    Reply
  5. Mas Anto

    iyan yulieyana

    Maaf mas, harga bibit ikan nila gesit berapa per kg nya? Trims

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.