Azola Sebagai Pakan Ikan Gurami

Apa itu azola ?

Azola merupakan tumbuhan air yang bersimbiosis dengan bakteri Cyanobacteria  pemfiksasi Nitrogen yaitu bakteri Anabaena azzollae. azzola secara alami tumbuh di banyak kawasan seperti di Asia, Amerika dan Eropa.  Azzolla mempunyai beberapa spesies, antara yang sudah diidentifikasi seperti Azolla caroliniana, Azolla filiculoides, Azolla mexicana, Azzolla microphylla, Azolla nilotica, Azolla pinnata var pinnata, Azolla pinnata var imbricata dan Azolla rubra.

Azola pakan gurami

Perlu di ingat meskipun azola sangat baik untuk ikan gurami, namun pemberian tidak boleh berlebih. Baiknya di berikan secara ber skala. Karena pemberian yang terlalu berlebihan bisa menganggu perkembangan ikan gurami sendiri. Meskipun ikan terlihat sehat tapi terkait dengan tingkat perkembangan justru akan memperlambat, mengapa hal ini bisa terjadi ? pemberian azolla secara terus menerus dalam keadaan basah menyebabkan ikan gurami setiap saat akan terpenuhi kebutuhan pakannya, saat ikan gurami lapar sedikit saja maka azolla akan dimakan sedikit demi sedikit, dan kita tau azolla basah kandungan proteinnya rendah, jika ikan lele sudah kenyang hanya dari azolla, sehingga jika kita memberikan pakan pelet dengan protein tinggi, alhasil pakan pelet kita tidak dimakan.

Beberapa info yang di dapat dari beberapa sumber :

Sebagai pakan, Azolla sebaiknya diberikan kering terutama untuk ikan omnivora, tetapi pada contoh kasus yang lain, ikan herbivora(Gurame, Tawes, dll), ikan lebih menyukai bila azolla diberikan dalam kondisi segar, sebenarnya boleh saja tapi jangan terlalu sering memberikan yang basah.

Cara pengeringan Azolla cukup dalam ruangan sedikit terbuka, usahakan jangan dijemur karena bisa merusak nutrisinya, sejauh ini pemakaian azolla kering sudah terpakai sebagai campuran pellet dan pakan ternak(terbukti), namun praktik yang benar-benar teruji pemberian pada ikan lele (data akan diupdate setelah ada info dr praktisi)

Azolla juga mampu membuat air kolam menjadi berkualitas, kemampuannya menyerap kandungan berbahaya dalam kolam menjadi nilai lebih bagi azolla, Jumlah dalam penggunaan Azolla adalah relatif, subyektif, jadi jangan lelah untuk selalu mencoba mencari apa yang tepat untuk kebutuhan anda.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.