Air Untuk Media Budidaya Ikan Lele

Air kolam dengan kualitas buruk adalah media yang baik untuk perkembangan jamur (parasit) dan bakteri patogen yang pada akhirnya menyerang ikan lele. Air yang buruk juga menyebabkan lele merasa tidak nyaman, tidak dapat beradaptasi, stress, tidak ada nafsu makan, kekurangan nutrisi dll. Hal-hal diatas pada akhirnya akan berujung pada kematian benih lele baik satu demi satu dan bisa juga terjadi kematian massal.

Air Budidaya Ikan Lele

Media air yang baik bagi budidaya ikan lele harus memenuhi beberapa kriteria :

PH air pada kondisi netral, tidak berbau, bebas ammonia dan tidak berbuih/berbusa, tidak pekat. Kandungan oksigen terlarut (dissolved oxygen / DO) cukup. Suhu air dalam kondisi hangat.

Parameter kualitas air cukup banyak dari PH, kadar oksigen terlarut (dissolved oxygen), kadar ammonia tingkat kekeruhan (turbidity), kadar garam (salinity), kesadahan (hardness) dll. Mengukur semua parameter air itu baik namun tentu memerlukan alat pengukuran yang tidak murah harganya.

Pernahkah Anda menjumpai hal-hal berikut ini? :

  1. Lele bergerombol di permukaan air
  2. Lele kembung
  3. Lele berenang berputar-puta
  4. Ada bintik-bintik putih pada permukaan kulit/insang
  5. Lele kelihatan lemas
  6. Lele terlihat sering menggosok-gosokan badannya ke permukaan dinding kolam
  7. Perut kembung berisi cairan getah bening
  8. Lele bengkak dan terdapat luka di sekujur tubuh dll ?

Hal di atas ini kebanyakan di sebabkan oleh kurangnya kualitas air pada kolam budidaya ikan lele, air ikan lele memang keruh di anggap lebih bagus akan tetapi kesehatan, kandungan vitamin perlu di perhatikan.

Untuk mengetahui PH Air Kolam Silahkan Baca Disini

 

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.